Jenis-Jenis Limbah dan Pemanfaatan Limbah (Terlengkap)

DosenIpa - Limbah sampah merupakan masalah yang serius akibat meningkatnya jumlah penduduk. Limbah yang tidak diolah terlebih dahulu sebelum di buang ke lingkungan dapat mengganggu ekosistem.

Secara biologis, limbah dapat dibagi menjadi:

1. Limbah yang Dapat Diuraikan (Biodegradable)

Limbah jenis ini adalah limbah yang dapat diuraikan atau didekomposisi, baik secara alamiah yang dilakukan oleh dekomposer (bakteri dan jamur) ataupun yang disengaja oleh manusia, contohnya
adalah limbah rumah tangga, kotoran hewan, daun, dan ranting.

2. Limbah yang Tak Dapat Diuraikan (Nonbiodegradable)

Limbah yang Tak Dapat Diuraikan

Adalah limbah yang tidak dapat diuraikan secara alamiah oleh dekomposer. Keberadaan limbah jenis ini di alam sangat membahayakan, contohnya adalah timbal (Pb), merkuri, dan plastik. Untuk menanggulangi menumpuknya sampah tersebut maka diperlukan upaya untuk dapat menanggulangi hal tersebut.

Limbah dapat dimanfaatkan dengan melalui 2 (dua) cara, yaitu:

1. Melalui Daur Ulang

daur ulang


Baik limbah organik (yang berasal dari sisa makhluk hidup) maupun sampah anorganik (dari bahan-bahan tak hidup atau bahan sintetis) dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia.

Sisa-sisa kotoran hewan dan sampah organik dari tumbuhan dapat kita manfaatkan menjadi pupuk kompos. Limbah kertas juga dapat didaur ulang menjadi kertas baru. Limbah pabrik tahu yang biasanya dibuang begitu saja juga dapat dimanfaatkan menjadi makanan yang berserat tinggi yang baik untuk pencernaan.

Besi, kaca, kaleng, baterai yang merupakan sampah anorganik harus kita daur dulu agar menjadi barang yang kembali berguna. Besi tua dan aluminium dapat dilebur dijadikan bubur kemudian dicetak menjadi besi baja dan aluminium yang baru. Limbah berupa plastik dapat dileburkan, kemudian diubah menjadi bara dan perabotan berbahan plastik.

2. Tanpa Daur Ulang


Selain melalui daur ulang, sampah juga bisa langsung dimanfaatkan tanpa daur ulang. Contohnya adalah pemanfaatan ban-ban bekas yang dijadikan perabot ( meja, kursi, dan pot ), serbuk gergaji sebagai media penanaman jamur, botol, dan kaleng yang dapat digunakan untuk pot.

Itulah info tentang jenis-jenis limbah dan pemanfaatan limbah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Pengertian Virus, Bentuk, Struktur dan Ciri-Ciri Virus (Terlengkap)
Mengenal Klasifikasi Virus (Terlengkap)
Proses dan Cara Perkembangbiakan Virus (Litik dan Lisogenik)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment