Pencemaran Air | Penyebab dan Cara Mengatasinya

DosenIpa - Ciri-ciri dari pencemaran air adalah terlihat dari perubahan warna, bau, serta adanya kematian dari biota air, baik sebagian atau seluruhnya. Penyebab dari terjadinya pencemaran air adalah limbah pabrik, detergen, pestisida, minyak, dan bahan organik yang berupa sisa-sisa organisme yang telah mengalami pembusukan.

pencemaran air


Cara yang digunakan untuk mengetahui tingkat dari polusi air dengan melihat besarnya kandungan O2 yang terlarut. Ada 2 cara yang digunakan untuk menentukan kadar oksigen dalam air, yaitu secara kimia dengan COD (Chemical Oxygen Demand) dan BOD (Biochemical Oxygen Demand).

Semakin besar harga BOD berarti semakin tinggi juga pencemarannya. Polusi air yang berat dapat menyebabkan polutan meresap ke dalam air tanah yang menjadi sumber air untuk kehidupan sehari-hari seperti mencuci, mandi, memasak, dan untuk air minum.

Air tanah yang telah tercemar akan sangat sulit sekali untuk diubah kembali menjadi air yang bersih. Pengenceran dan penguraian polutan pada air tanah sulit sekali karena airnya tidak mengalir dan tidak mengandung bakteri pengurai yang aerob.

Menggunakan pupuk dan pestisida yang berlebihan adalah salah satu penyebab terjadinya polusi air. Pupuk dan pestisida yang larut di air akan menyebabkan eutrofikasi yang mengakibatkan ledakan (blooming) tumbuhan air, misalnya alga dan ganggang.


Itulah info mengenai pencemaran air, dampak dan cara penanggulangannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Previous
Next Post »
Thanks for your comment